IIMS 2012 20th - 30th September 2012 - Jakarta International Expo
IIMS 2012
27 Juli 2011

Unjuk Kemampuan di IIMS 2011

Unjuk Kemampuan di IIMS 2011
Jakarta, 27 Juli 2011 – Jumlah pengunjung IIMS sampai dengan hari kelima penyelenggaraan telah mencapai 138.490 pengunjung. Tingkat keramaian pengunjung biasanya masih akan bertambah di hari-hari terakhir pameran. Apalagi pada akhir pekan, APM (Agen Pemegang Merek) akan menggelar beragam acara, dan pada tahun ini akhir pekan kedua IIMS 2011 akan disemarakkan oleh penampilan kelompok musik yang sedang naik daun, seperti Smash di stan Toyota dan 7 Icons di stan Honda yang akan tampil hari Sabtu ini (30/07).

Selain itu, berbagai kontes juga meramaikan IIMS 2011 baik yang digelar masing-masing APM maupun panitia. Kontes yang diselenggarakan oleh panitia IIMS antara lain Best Stand, Favorite Car, Miss Motor Show, hingga Journalist Writing Competition.    

Miss Motor Show

Kehadiran perempuan-perempuan cantik Sales Promotion Girl (SPG) di setiap stan memang dapat menambah suasana jadi lebih hidup. Kehadiran mereka bagi kalangan APM (Agen Pemegang Merek) bukan hanya pemanis semata, namun memiliki peran yang lebih besar sebagai garda depan untuk memberikan informasi kepada pengunjung tentang produk yang dipamerkan. Mereka selain bertugas menarik pengunjung untuk datang ke stan, juga menerangkan informasi produk. Bahkan jika mampu membantu salesman menjual produk, hal itu akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi mereka.

Lia Indriasari, Division Manager Otomotif Dyandra Promosindo menyampaikan bahwa penyelenggaraan Miss Motor Show dilaksanakan tidak hanya menjadi acara pendukung semata, namun juga memberikan kontribusi sebagai salah satu acara yang menarik. Miss Motor Show bertujuan untuk memberikan kesempatan para SPG untuk menampilkan bakat mereka, selain itu juga sebagai ajang memilih Miss Motor Show yang terbaik untuk mewakili citra IIMS di publik.

Ajang ini terbuka bagi semua perempuan yang menjadi SPG dalam pameran IIMS 2011, usia 18-25 tahun, tinggi minimal 165 cm, pendidikan minimal SMU, serta menguasai bahasa Inggris maupun bahasa asing lainnya. Kriteria penilaian meliputi brain: pengetahuan umum, pengetahuan otomotif, pengetahuan produk, kemampuan berbahasa asing; beauty: kepercayaan diri, proporsional tubuh, penampilan luar; serta behavior: interpersonal skill, psikologi, etika dan tingkah laku, serta kepedulian sosial. Selain itu, pengetahuan tentang brand APM yang diwakilinya juga menjadi salah satu poin penilaian dari para juri.

Saat ini telah tersaring 176 peserta dari berbagai exhibitor, baik APM dan industri pendukung. Nantinya akan dipilih 15 terbaik yang akan tampil di Exhibitors Night. Dalam kontes ini, akan dipilih Miss Motor Show 2011, Miss Motor Show Runner-Up 1, Miss Motor Show Runner-Up 2, Miss Motor Show Favorit, Miss Motor Show Otomotif, Miss Motor Show Persahabatan, dan Miss Motor Show Fotogenik. Panitia pun telah menyiapkan uang tunai total 10 juta rupiah dan hadiah hiburan lainnya bagi para pemenang Miss Motor Show 2011.

Best Stand dan Favorite Car

Seperti tahun sebelumnya, konsep pemilihan Best Stand dan Best Car akan di lakukan dengan survey yang dilaksanakan oleh lembaga survey independen. “Metode survei dilakukan oleh pihak ketiga, di luar panita penyelenggara pameran, dengan mensurvey jawaban dari pengunjung IIMS 2011, kami berharap akan mendapatkan hasil yang objektif,” jelas Lia Indriasari.

Yang ikut dalam lomba Best Stand adalah setiap stan APM mobil anggota Gaikindo pada IIMS 2011. Kategori penilaian terdiri dari APM Mobil < 700m2, APM Mobil  700m2 – 1000m2, dan APM Mobil  > 1000m2.

Sedangkan yang berhak ikut dalam Favorite Car adalah setiap mobil display APM mobil Gaikindo yang dijual di Indonesia. Favorite Car yang terpilih hanya ada satu saja, yaitu mobil favorit berdasarkan pilihan pengunjung.

Pengumuman pemenang Best Stand dan Favorite Car juga akan diumumkan  pada closing ceremony yang akan berlangsung pada Sabtu, 30 Juli 2011 bersama dengan pengumuman pemenang lainnya. Lia Indriasari mengungkapkan bahwa pelaksanaan kontes-kontes di IIMS 2011 diharapkan selain mampu menarik banyak pengunjung juga bisa memberikan apriesiasi bagi peserta yang memiliki kemampuan dan performance terbaik.

Apresiasi untuk Media

Program lainnya yang ditujukan untuk kalangan jurnalis cetak, online, dan elektronik adalah Lomba Penulisan untuk Wartawan (Journalist Writing Competition). Dengan tema besar “Sustainable Green Technology” lomba ini memili sub tema yang dapat dipilih media antara lain penggunaan teknologi ramah lingkungan, teknik produksi kendaraan bermotor, pencarian sumber-sumber energi baru selain bahan bakar fosil, pola hidup dalam berkendara.

Dengan memperhatikan kriteria berupa gagasan, fakta, struktur penulisan, penggunaan bahasa, dan gaya bahasa, lomba ini menyediakan total hadiah puluhan juta rupiah. Panitia membuka waktu perlombaan sampai dengan tanggal 5 Agustus 2011 dan akan mengumumkan pemenang melalui website www.indonesianmotorshow.com tanggal 13 Agustus 2011.



Random News